Monday 22 July 2013

Harga BBM Tertinggi di Bulan Februari

Seperti perkiraan saya, harga BBM di Amerika membumbung mencapai harga musiman tertingginya. menurut juru bicara AAA, John Townsend, ‘Februari “adalah bulan di mana kita lihat harga BBM mencapai puncaknya di tengah-tengah musim dingin yang membosankan.”


Meskipun kendaraan dirancang memakai bahan bakar secara efisien  dan orang  semakin banyak orang memperhatikan jarak tempuh mereka dalam berkendara, sayangnya tagihan-tagihan yang dibayarkan tidak mencerminkan hal ini. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Departemen Energi AS, kebanyakan keluarga Amerika mengeluarkan sekitar $3.000 per tahun untuk  membeli BBM. Biaya ini termasuk bahan bakar untuk pemanas rumah.  Mengemudi ke kantor. Hal-hal yang, kalau kita bayangkan kembali, bisa terpenuhi  juga dengan energi alternatif.

Bulan Februari, harga rata-rata nasional BBM naik mencapai $ 3,80 per gallon (di Pantai Barat Kalifornia, bahkan mencapai $4 lebih).  Besaran harga ini bergantung pada sejumlah faktor, yang oleh Lembaga Riset Energi Amerika dibagi menjadi 4 komponen dasar sebagai berikut:

  1. Pasar dunia
  2. Biaya penyulingan
  3. Pajak
  4. Dan kenaikan harga distribusi

Saat ini Arab Saudi menghasilkan 700.000 barel lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Akibatnya, kompetisi pasar antara Iran dan Irak terus meningkat. Di tambah lagi dengan perang sipil yang tengah berkecamuk di Siria, salah satu penghasil utama minyak mentah dunia, dan ketergantungan pemerintah AS terhadap minyak asing, tak mengherankan jika masyarakatlah yang menanggung akibatnya. Bahkan ada wacana untuk menaikkan pajak BBM secara nasional, padahal selama lebih dari dua puluh tahun besarannya sudah tetap di 18.4 sen setiap gallonnya.

Semua tampaknya semakin mahal saja akhir-akhir ini. Dari popok hingga jalan tol, alasannya biaya bahan baku semakin meningkat, maka pajak pun akan mengekor. Sejarah telah membuktikan satu hal: kenaikan pajak bagi warga negara sangat jarang terjadi tanpa ada sesuatu yang memaksa kenaikan tersebut. Para keluarga telah berjuang untuk bisa bertahan hidup, dan tak akan mampu untuk membayar BBM lebih mahal lagi. WAKTUNYA UNTUK PERUBAHAN.

Dan ini bukan hipotesis semata. Kita perlu solusi nyata, seperti yang ditawarkan NRGLab. Teknologi kristal mereka menghasilkan listrik alami yang tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga ramah dompet bagi penduduk Amerika. Karena ini masa sulit. Pemerintah harus berhenti menawarkan solusi sementara bagi masalah-masalah struktural (seperti kenaikan pajak BBM), dan memperbaiki struktur dari bawah ke atas.  

Diterjemahkan dari Bahasa Inggris. Artikel asli diterbitkan pada 24 Februari 2013 di http://www.energybiz.com/blog/13/02/february-highs-gas-prices?quicktabs_4=2

[ John Townsend, Departemen Energi AS, Lembaga Riset Energi Amerika, meteor rusia, global crisis, nrglab singapore, nrglab сингапур, nrglab ] 


No comments:

Post a Comment