Monday 19 August 2013

HARI TANPA STOP KONTAK NASIONAL: APAKAH ANDA BISA BERTAHAN?

Masih ingatkah Anda kapan terakhir kalinya tanpa menonton TV, menjelajahi dunia maya, atau main game yang sangat membosankan melalui perangkat, yang ironisnya, bernama ponsel “cerdas”?  Tidak ingat lagi? Tidak apa-apa. Kebanyakan orang pun sudah tidak ingat lagi.

Hari Jumat adalah Hari Tanpa Stop Kontak Nasional, sebuah gerakan yang berasal dari Manifesto Hari Sabat, mendorong orang untuk memalingkan muka dari layar (perangkat elektronik) mereka, dan menjalani kehidupan di luar dunia maya. Sekali lagi, tidak apa-apa bila Anda bukan salah satu dari ribuan orang yang berikrar untuk mencabut kabel peralatan elektronik favorit. Toh setiap orang memiliki pekerjaan, tanggung jawab, tagihan yang harus dibayar, dsb. Kita hidup di dunia yang berorientasi pada layar (perangkat elektronik).


Dewasa ini, sehari penuh tanpa melihat layar (perangkat elektronik) terasa seperti  berada di zaman batu. “Meninggalkan rumah tanpa ponsel? Tapi bagaimana kalau terjadi sesuatu yang buruk?” Bukankah hal ini yang menjadi alasan utama, agar lebih mudah dihubungi?  Ini zaman teknologi maju, kita pun sudah menemukan cara terbaik agar teknologi menyatu dengan rutinitas harian kita. Sayangnya, kita telah berada di titik di mana manusia dan teknologi seakan menyatu. Hal itu telah menjelma bagai hubungan simbiosis-semu, di mana kita merasakan KEBUTUHAN kita akan telepon, laptop, dan TV, karena tanpa semua itu – apakah kita masih ada? Tanpa umpan balik dari orang lain, tanpa hubungan dengan dunia luar, tanpa stimulasi terus-menerus, ketakutan terbesar adalah kita akan sangat mudah terlupakan. Kita akan menghilang, benar-benar lenyap; tidak lebih dari hanya sebatas ‘corengan lain’ di papan tulis yang belum dihapus.

Seharusnya kita tidak perlu  menjalin hubungan dengan “ketagihan teknologi”. Sama saja seperti semua hal baik dalam hidup ini, seharusnya ini pun disikapi secara tidak berlebihan. Sebaiknya kita melihat perangkat elektronik seperti ponsel cerdas hanya sebatas alat bantu saja, bukan seperti bagian dari tubuh kita.

Di situs web resmi Unplugged, orang-orang memposting beberapa hal yang rencananya akan mereka lakukan selamat 24 jam puasa teknologi ini. Sebagian besar adalah aktivitas keluarga. Sebagian lain lebih berorientasi ke ‘waktu untuk diri sendiri’, seperti membaca, menulis dan berjalan jauh. (Sudah mulai terdengar seperti profil kencan daring). Bukankah aktivitas-aktivitas seperti ini terdengar jauh lebih menarik daripada asal belanja barang-barang yang tidak diperlukan dari situs web Amazon, atau memburu foto teman Anda di Facebook saat berkencan dengan teman lamanya?

Apabila Anda tidak berkesempatan ambil bagian dalam Hari Tanpa Stop Kontak Nasional tahun ini, saya mengimbau Anda untuk berjanji melakukannya di tahun 2014. Ingat – teknologi saat ini adalah hadiah luar biasa yang ditinggalkan oleh generasi para penemu yang telah berjuang dan berkorban. Jadi, jangan pernah diremehkan begitu saja.



Diterjemahkan dari Bahasa Inggris, artikel asli di publikasikan tanggal di 3 Maret http://nrglabjohnwish.wordpress.com/2013/03/03/national-unplugged-day-did-you-last/

mike burd, nrglab asia, nrglab ana shell, nrglab sh-box, nrglab singapore, nrglab сингапур, pertumbuhan kerja, pemanasan global, alternative energy ]

No comments:

Post a Comment