Thursday 15 May 2014

BAGAIMANA PERUBAHAN IKLIM MENYEBABKAN BADAI SUPER YANG MELANDA AMERIKA?

Ada badai super lain disertai kilat, angin berkecepatan tinggi dan hujan es tengah melanda wilayah Midwest Amerika Serikat dan sedang mengarah ke pantai timur.

Diperkirakan satu dari lima warga Amerika akan terkena dampak dari badai super ini.  Angin berkecepatan lebih dari 58 mil per jam (93 km/jam) diperkirakan terjadi di garis depan sepanjang kira-kira 240 mil (386 km).

Layanan Cuaca Nasional (National Weather Service-NWS) tengah sibuk mengeluarkan peringatan ke lebih dari 64 juta warga Amerika di 10 negara bagian akan bencana yang semakin dekat.  Termasuk kota-kota besar seperti Chicago, Cincinnati, hingga Detroit, Baltimore, Washington, dan Pittsburgh.
Wilayah Upper Midwest tengah akan merasakan dampak terburuk dari badai ini, dalam situs web layanan cuaca memberitakan:  "Pusat Prakiraan Badai NWS memperkirakan terjadinya cuaca buruk pada hari Rabu siang dan malam, termasuk adanya angin yang merusak, hujan es berukuran besar, dan beberapa tornado yang melewati bagian Upper Midwest dan Lembah Ohio."
Tahun lalu, badai serupa rmengakibatkan kerusakan senilai 1 milyar dolar persis di wilayah yang sama.  Setidaknya ada 13 orang yang meninggal, dan puluhan orang yang terseret angin berkekuatan lebih dari 100 mil/jam (161 km/jam).  4 juta orang menjadi korban pemadaman listrik dan 324 orang meninggal akibat gelombang panas.
Namun apa penyebab badai-badai super ini?  Katrina. Sandy. Tornado yang meluluhlantakkan Oklahoma. Semuanya berkaitan dengan pemanasan global.
Naiknya air laut akibat lapisan es yang mencair menciptakan badai-badai yang lebih menghancurkan.  Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa "permukaan laut di sepanjang pantai Atlantik tempat kota New York, Norfolk, dan Boston berada mengalami kenaikan empat kali lipat lebih cepat daripada rata-rata global."
Suhu yang lebih hangat berarti lebih banyak penguapan.  Semakin banyak air yang menguap ke atmosfer berarti hujan yang lebih banyak.  Kenyataanya, 10% lebih banyak.  Hal ini berisiko mendatangkan banjir seperti di New Orleans.
Naiknya suhu laut membuat jalur yang akan dilalui badai-badai super ini hampir mustahil dapat diperkirakan.  Namun satu hal yang pasti badai-badai super ini mengarah ke wilayah yang padat penduduk. 
Akankah wilayah Anda menjadi korban berikutnya?

Untungnya, kita memiliki banyak cara untuk mengurangi munculnya badai-badai super ini.  Hal tersebut dimulai dengan menghapus jejak karbon.  Seperti yang dibuktikan secara ilmiah baru-baru ini, pemanasan global dimulai dengan meningkatnya aktivitas karbon di atmosfer kita.
Sayangnya, kebanyakan teknologi modern kita bergantung pada bahan bakar penghasil karbon seperti batu bara, minyak bumi, dan bahkan gas alam. 
Itulah sebabnya NRGLab mengembangkan SH-Box. Dengan inti kristal alami, genset ini menghasilkan listrik dengan biaya hanya sebesar 0,03 dolar per kW.

Membantu agar badai super tidak ada lagi.  Membantu untuk menghentikan pemanasan global.  Percaya pada energi alternatif yang cerdas, dapat diandalkan, dan bersih. Percaya pada NRGLab. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi situs web NRGLab di www.nrglab.asia.

Diterjemahkan dari Bahasa Inggris, artikel asli di publikasikan tanggal di 12.06.2013 http://nrglabjohnwish.wordpress.com/2013/06/12/new-superstorm-sweeping-across-u-s-how-exactly-was-it-caused-by-climate-change/

[ Layanan Cuaca Nasional, National Weather Service-NWS, Wilayah Upper Midwest, Pusat Prakiraan Badai NWS, korban pemadaman listrik, NRGLab, Sh-box ]

No comments:

Post a Comment