Monday 28 April 2014

SARAN UNTUK PEMAKAIAN BENSIN ANDA

Meski pemerintah berupaya keras untuk menjaga agar harga bensin tidak naik, kenyataannya harga bensin semakin tidak terkendali. Mobil hibrida dan listrik semakin populer namun harganya masih lebih mahal dari mobil berbahan bakar bensin. Maka selain menukar kendaraan,Anda, apa lagi yang bisa dilakukan untuk menghemat bensin?
1. Jangan mengisi bensin hingga penuh! Orang senang mengisi bensin dengan jumlah angka yang bulat, namun justru itu pemborosan energi. Saat mendengar 'klik' pada nosel, itu saatnya berhenti! Bensin yang diisi selebihnya akan mubazir.
2. Pastikan penutup bensin tertutup rapat. Tiap tahun, lebih dari 140 juta galon bensin terbuang karena penguapan. Setelah mengisi bensin, pastikan penutup bensin Anda tertutup rapat agar bensin tidak menetes keluar dan/atau menguap.
3. Jika Anda memiliki garasi, gunakan untuk mobil Anda! Jangan memakainya untuk ruang penyimpanan karena terbiasa mengumpulkan barang-barang. Buanglah barang-barang yang tak terpakai agar ada ruang yang kosong. Memarkir mobil Anda di tempat yang teduh akan menjaganya tetap hangat selamat musim dingin dan sejuk selama musim panas. Hal itu akan membuat pemakaian pemanas dan AC berkurang.
4. Tak punya garasi? Itu bukan masalah! Pastikan saja mobil Anda diparkir pada tempat yang teduh. Jika mungkin, pertimbangkan untuk membeli penangkal panas untuk diletakkan pada kaca depan mobil. Panas selama musim panas dapat amat memengaruhi kualitas mesin mobil Anda. Belum lagi interior mobil yang menjadi amat panas. Pasti tidak ada yang mau masuk ke mobil yang berada di bawah matahari seharian.
5. Jangan tunggu sampai indikator mesin menyala baru mengecek mesin. Pastikan mesin mobil memiliki cukup oli. Antibeku. Perawatan mobil rutin akan menghemat uang yang Anda keluarkan untuk bensin. Mungkin pengeluaran yang dibutuhkan sekarang agak besar, namun Anda akan menghemat banyak nantinya.
6. Saat mengecek kondisi mesin, coba lihat saringan udara mesin. Karena penggunaan, lama-kelamaan kotoran dan oli akan menumpuk sehingga mesin membutuhkan lebih banyak bensin untuk berfungsi. Dengan mengganti saringan udara setiap 3.000 mil, Anda bisa menghemat konsumsi bensin sebanyak 10% atau 15 sen per galon.
7. Kapan terakhir kali Anda mengecek kondisi ban mobil? Pasti anda tidak tahu bahwa ban yang tekanan udaranya kurang akan memaksa mesin menghabiskan lebih banyak bensin. Luangkan waktu untuk memeriksa sekitar mobil Anda. Coba tendang ban mobil. Jika terasa sedikit kurang angin (Anda bisa merasakannya saat menendang ban), tambah tekanan ban mobil Anda.
Anda pasti akan terkejut karena bulan depan lebih sedikit mengisi bensin. Ikuti NRGLab di nrglab.asia untuk informasi lebih jauh tentang apa yang kami lakukan untuk memperbaiki proses gasifikasi dan efisiensi bahan bakar. Bergabunglah dengan kami dan dukung masa depan yang lebih baik.
Diterjemahkan dari Bahasa Inggris, artikel asli di publikasikan tanggal di 3.07.2013: http://nrglabjohnwish.wordpress.com/2013/07/03/tips-for-your-gas-tank/comment-page-1/
[ harga bensin, mobil hibrida dan listrik, mobil berbahan bakar bensin, menghemat bensin, nrglab ]



No comments:

Post a Comment