Monday 3 February 2014

Bagaimana Kita Menyebarkan Ide-Ide Besar? Berbicaralah!

Ide-ide bagus bermunculan sepanjang waktu dari pikiran kita. Beragam cara menghemat uang dengan menggunakan kupon yang dikeluarkan toko-toko kelontong. Sebuah judul keren untuk sebuah film. Bahkan mungkin sebuah penemuan bagus yang menghemat waktu. Akan tetapi, bagaimanakah dengan ide-ide besar? Ide-ide yang menggoncang dunia? Seberapa sering ide-ide tersebut muncul? Dan ketika kita memiliki ide-ide tersebut, bagaimana cara kita bisa membuatnya tersebar?

Banyak orang beranggapan bahwa untuk membuat sebuah ide bagus menjadi populer adalah masalah uang.  Jumlah uang yang Anda belanjakan untuk membuat pariwara, pemasaran, mempekerjakan seorang manajer, praproduksi dan desain.

Bukan itu.

Sebagian orang lainnya menganggap ini adalah masalah hukuman versus penghargaan. Jika Anda ingin sebuah ide besar untuk tetap diingat, Anda harus memberi penghargaan kepada orang-orang karena menyesuaikan diri, atau menghukum mereka karena menolak. Akhirnya, Anda akan menerapkan ide/aturan kondisi tersebut - tetapi akankah menjadi berharga? Lebih jauh lagi, akankah ide tersebut bertahan seiring dengan berjalannya waktu?
Jawabannya: jelas tidak.

Cara terbaik untuk menyebarkan ide-ide besar dan membuat perbedaan adalah dengan membuat orang-orang saling membicarakan ide-ide tersebut. Ya, seperti sebuah pernikahan yang bertahan lama, kuncinya adalah komunikasi. Semua itu adalah tentang membangun hubungan dengan individu lain. Menikmati ikatan antar manusia.  Dan melalui ikatan itu, ide-ide besar dipertukarkan!

Pikirkan tentang revolusi Facebook yang telah menyapu budaya kita selama hampir satu dekade hingga sekarang. Facebook adalah sebuah ide yang bagus - platform sosial tempat orang dapat saling terhubung, berbagi foto, berbagi kabar, dll. Namun,  apa yang membuatnya begitu populer? Apakah kampanye pariwara yang mahal? Apakah berhadiah uang?

Tidak sama sekali.  Semuanya hanyalah orang yang berbicara kepada orang lain.  Setiap orang yang menemukan Facebook melanjutkan untuk memberitahu temannya, orang tersebut memberitahu seorang teman lainnya , memberitahu seorang gadis di sebuah bar, memberitahu adiknya di rumah, dan seterusnya dan sebagainya.

Ide-ide besar yang disebarkan oleh orang-orang yang saling mendengarkan satu sama lain. Berdebat. Mencurahkah pendapat.   Tapi yang paling penting,  ide-ide tersebut disebarkan oleh orang-orang dengan berbicara.
Jadi bicaralah!  Jangan takut untuk menyuarakan suara Anda! Kami tidak takut! Di NRGLab, kami terus bekerja sama dengan para ilmuwan terkemuka, pecinta lingkungan, dan para pemikir maju lainnya untuk menyebarkan pesan kami di luar sana.

Pesan kami sederhana: menciptakan masa depan yang lebih hijau. Hari esok yang lebih baik.  Sekarang, sebelum terlambat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang NRGLab dan laporan mengenai proyek energi alternatif kami, kunjungi nrglab.asia, dan bantu kami menyebarkan gagasan besar berikutnya.


Diterjemahkan dari Bahasa Inggris, artikel asli di publikasikan tanggal di 31.07: http://nrglabjohnwish.blogspot.ru/2013/07/how-can-we-spread-great-ideas-speak-up.html  

menghemat uang, menggunakan kupon, membuat pariwara, pemasaran, mempekerjakan seorang manajer, menyebarkan ide-ide besar, revolusi Facebook ]

No comments:

Post a Comment