Monday 9 December 2013

Sekarang mimpi Amerika adalah mimpi buruk yang tak berakhir

Selama berabad-abad, dunia menatap Amerika Serikat penuh rasa iri.  AS adalah sebuah oasis tempat orang tidak dipandang hanya dari asal-usul keluarga mereka, melainkan juga dari keinginan orang tersebut untuk sukses. Kebebasan, demokrasi, dan “Mimpi Amerika” masih hidup dan baik-baik saja. Namun, sejak beberapa dekade belakangan ini, mimpi tersebut telah menjelma menjadi mimpi buruk yang tak berakhir.  Apakah rakyat Amerika akan sanggup bangun dari mimpi buruk mereka lagi?

Warga negara terhambat oleh stagnasi sosial, mengingatkan kita pada feodalisme di abad pertengahan.  Hanya 1% golongan masyarakat yang mengendalikan kekayaan dan sumber daya negara.  Kekuasaan kelompok ini hanya terpusat dalam keluarga mereka saja, turun-temurun.  Lalu mengapa 99% penduduk lain terus saja menentang kenaikan pajak pada golongan atas?
Karena semua orang ingin menjadi kaya! Nyatanya, kebanyakan orang berharap menjadi kaya.  Pada dasarnya puncak mimpi orang Amerika adalah masuk ke dalam kelompok 1% tersebut, jadi siapa yang ingin membayar pajak lebih tinggi lagi?
Tak seorang pun.
Jadinya, meskipun menaikkan  pajak pada golongan terkaya yang sedikit jumlahnya itu dapat membuat ruang gerak untuk perlawanan mayoritas tetap bebas, para pemimpin dunia  berpura-pura tidak  melihat dan mengalah pada kehendak konstituen mereka.
Sebut saja berpikiran maju. Sebut saja ambisi. Tetapi kenyataannya, mimpi  Amerika itu mengagung-angungkan keserakahan besar-besaran.  Alih-alih mengatakan pada rakyat untuk menggali hal-hal yang membuat mereka bahagia, yang memberikan rasa kepuasan dan kebanggaan, pemerintah justru mengajarkan kapitalisme pasar bebas dan belanja, belanja, BELANJA! Jual, jual, JUAL!
Karena mereka diajari bahwa BENDA-BENDA membuat orang bahagia.  Harta = status. Status = kekuasaan. Kekuasaan = harta lebih banyak lagi.  Rakyat Amerika dijual pada lingkaran setan ini.  Mereka mengabaikan efek buruk pada lingkungan dan seluruh dunia serta merasa bangga hanya dengan menjadi orang Amerika.   Titelnya saja sudah cukup.
Tetapi, bukan ini masalahnya.  Tempat tinggal tidak seharusnya mendikte siapa Anda atau rekening bank keluarga Anda.  Demokrasi sesungguhnya adalah kemerdekaan agar suara Anda didengar. Bangun setiap pagi dan bebas dari rasa takut menghadapi hidup Anda. Itulah kebebasan. Bukan pergi berbelanja dengan sukaria atau melakukan pemborosan begitu saja.
Bagaimana rakyat Amerika dapat bangun dari mimpi buruk ini?
Pertama, mereka harus menyadari bahwa kebahagiaan adalah tujuan akhir dan bahwa kebahagiaan itu relatif. Orang harus belajar menjadi bahagia dengan apa yang mereka miliki – sesederhana itu.  Harta benda akan menghilang seiring dengan berjalannya waktu. Semuanya akan rusak. Namun, tidak demikian dengan semangat manusia.
Kedua, rakyat Amerika harus ingat bahwa masyarakat dinilai berdasarkan cara mereka memperlakukan rakyat miskin mereka. Dan sama seperti setiap orang melihat diri mereka menjadi kaya, siapapun – yang mengambil sebuah langkah yang salah – hidupnya dapat berarkhir di jalan.
Anggaplah warga negara itu seperti sel-sel tubuh.  Setiap sel berbeda. Ada sel yang agresif. Ada yang pasif.  Ada yang cenderung untuk bekerja sama dibandingkan dengan lainnya. Namun, setiap sel mempunyai tujuan berbeda-beda, dan hanya dengan bekerja dalam harmoni semua dapat bertahan hidup.
Yang terakhir, membuat warga kaya membayar lebih banyak dari bagian wajar mereka memberikan contoh cemerlang bagi seluruh penduduk. Ya, sukses memang bagus – namun, menjangkau warga lain untuk menaikkan derajat mereka adalah jauh lebih terhormat. Apa gunanya sukses apabila orang lain gagal?
NRGLab meyakini bahwa bahagia artinya hidup yang relatif bebas dari tekanan. Dengan SH-Box, sebuah generator portabel yang menghasilkan listrik murah untuk rumah, kantor, atau fasilitas industri Anda, membebaskan Anda dari ketergantungan pada tagihan energi bulanan yang selama ini menjadi beban Anda. Anda juga dapat melupakan masalah jejak karbon.  SH-Box ini bebas emisi karbon, seluruh intinya berasal dari polikristalin alami.
Untuk mempelajari selengkapkan tentang cara Anda, teman-teman, dan keluarga dapat meraih kebebasan memiki energi dan melangkah ke depan menuju hidup yang bebas dari tekanan, silakan tonton kami di YouTube, atau kunjungi www.nrglab.asia.

Diterjemahkan dari Bahasa Inggris, artikel asli di publikasikan tanggal di 7 Mei: http://nrglabjohnwish.wordpress.com/2013/05/07/the-american-dream-now-a-recurring-nightmare/
Kebebasan Amerika, demokrasi Amerika, Mimpi Amerika, stagnasi sosial, membayar pajak lebih tinggi, nrglab, sh-box ]

No comments:

Post a Comment