Thursday 24 October 2013

Hari Bumi 2013: Bukankah Seharusnya Setiap Hari?

192 negara di seluruh dunia akan merayakan Hari Bumi besok, hari di mana kita semua bersama-sama membahas berbagai kemungkinan solusi bagi pemanasan global seraya mempromosikan contoh-contoh positif aksi masyarakat.


The Earth Day Network akan menyoroti gerakan daur ulang, pameran khusus NASA, juga pasar petani dari desa. Tema Hari Bumi 2013 adalah “wajah perubahan iklim,” kata Bryan Buchanan, juru bicara untuk jaringan ini. Mereka akan menyiarkan cerita-cerita yang menginspirasi dan foto-foto yang dikirim secara online oleh para pengguna yang ingin memastikan agar suara mereka dan berbagai upaya yang mereka lakukan mendapat tempat semestinya.

Pemanasan global “mempunyai konsekuensi nyata bagi orang-orang kebanyakan,” ungkap Buchanan. “Kita ingin memperkecil persoalan masif ini.  Dengan demikian setiap orang yang mengerjakan hal-hal kecil merasa terhubung dengan gerakan lingkungan yang lebih besar.”

Di antara foto-foto yang ditampilkan, orang dapat melihat portofolio yang diambil dari peristiwa Badai Sandy dan upaya bantuan heroik yang dilakukan setelahnya. Badai yang menghancurkan pantai timur AS adalah salah satu tren baru yang mengganggu, yaitu ‘badai super’ yang disebabkan oleh mencairnya puncak es di kutub dan variasi arus lautan.

Masalah lain yang dibahas adalah deforestasi. Kelompok-kelompok seperti The Forest Service and Bureau of Land Management perlu mendapatkan dukungan publik untuk terus mempertahankan hutan-hutan kita. Dari hutan hujan tropis Amazon hingga Redwood Kalifornia, pohon-pohon menyerap karbon dioksida dari atmosfer. Kadar karbon sudah berada di luar batas. Membabat pohon lebih banyak lagi akan meningkatkan laju pemanasan global. Selain itu, melindungi hutan-hutan kita berarti melindungi ekosistem tempat kita hidup.Kehidupan alam liar. Air. Semua aspek kehidupan yang saling berkaitan and semua tergantung bagaimana kita menuntun jaringan kita. 

Sayangnya, karena krisis ekonomi global, pemerintah mulai mengorbankan lingkungan demi merangsang terciptanya lapangan kerja dan belanja konsumen. Negara bagian Oregon, misalnya, dulu mempunyai hutan-hutan prasejarah yang lebat. Sekarang, berkat penebangan hutan yang berlebihan dan penanaman kembali yang tidak seimbang, tanahnya menjadi sekarat, baik fisik maupun fiskalnya.

Komunitas local, bahkan pemerintah seharusnya bekerja untuk menciptakan arus pemasukan yang stabil tanpa harus mengeruk sumber daya alam dari bumi kita. Saya piker kita semua dapat menyepakati bahwa planet yang layak dihuni sama pentingnya dengan mata pencaharian seseorang.

Jadi besok, anggaplah Anda bertanggung jawab untuk melakukan riset. Bacalah tentang gerakan daur ulang yang disponsori oleh komunitas setempat kita. Pelajari lebih banyak tentang sikap para politisi terhada energi ramah lingkungan. Kunjungi nrglab.asia dan lihat SH-Box, sebuah generator listrik bebas karbon yang dapat menghasilkan listrik bagi dunia ketiga. Tapi yang terpenting adalah pertimbangkan apa dapat Anda lakukan setiap harinya untuk membantu bumi menjadi tempat yang lebih baik. Karena SETIAP hari seharusnya menjadi hari bumi. Tidak hanya tanggal 22 April saja.

Diterjemahkan dari Bahasa Inggris, artikel asli di publikasikan tanggal di 21 April: http://www.intelligentutility.com/blog/13/04/earth-day-2013-shouldnt-it-be-every-day

Hari Bumi, Hari Bumi 2013, Hari Bumi 2014, NASA, Earth day, earth day network, earth day 2013, earh day 2014, sh-box, SETIAP, nrglab, energi, industri energi ]



No comments:

Post a Comment