Thursday 12 June 2014

CARGER PENYEDOT LISTRIK!

Coba pikir berapa banyak perangkat elektronik yang Anda miliki. Telepon seluler? Tentu saja. Laptop? Sudah pasti Semua perangkat ini punya satu kesamaan, yaitu sebuah carger baterai.

Anda pasti tak berpikir bahwa carger dapat menghabiskan banyak energi. Namun jika memiliki empat, lima, atau bahkan enam carger pasti membutuhkan banyak energi.



Faktanya, dua pertiga dari energi yang digunakan oleh perangkat seluler terbuang percuma. Seorang manajer komunikasi di Nokia bernama Susan Smith mengatakan, “Memang, kelihatannya sebuah alat carger mungkin tak berarti. Namun jika Anda mengingat banyaknya alat carger yang digunakan, sesungguhnya potensi energi yang bisa dihemat amat besar.”

Komisi Energi Kalifornia di Amerika Serikat memilih untuk mengadopsi standar minimal efisiensi untuk perangkat ini. Di Kalifornia sendiri ada 170 juta carger, ini belum termasuk San Diego (yang tidak diikutkan dalam sensus). Carger baru yang lebih efisien akan menghemat 300 juta dolar untuk konsumsi energi dalam setahun.

Demi meningkatkan kesadaran, perusahaan seperti Nokia, LG, Samsung dan Motorola mengembangkan sebuah sistem penilaian untuk menunjukkan kepada konsumen berapa banyak listrik yang digunakan alat carger saat “standby”. Bintang lima diberikan untuk carger yang mengonsumsi 0,03 watt atau kurang. Sedangkan carger yang mengonsumsi lebih dari 0.5 watt mendapat nilai nol.

“Hal pertama yang ingin dicapai adalah membuat orang sadar akan adanya masalah seputar alat carger ini dan adanya model yang lebih efisien,” tambah Smith.

Sistem penilaian ini berdasarkan standar energi alat carger dari Komisi Eropa dan standar internasional Energy Star yang dimiliki oleh Environmental Protection Agency dari Amerika Serikat.

Anda akan melihat lebih banyak pengumuman tentang perkembangan teknologi seluler yang ramah lingkungan di masa mendatang. Mulai dari telepon seluler hasil daur ulang hingga baterai laptop yang lebih efisien, tablet dengan tenaga surya hingga listrik bebas karbon. Jika semua gagasan ditampung, akan ada begitu banyak gagasan.

Itu sebabnya NRGLab memikirkan masa depan dengan serius, dan kami amat bangga akan beberapa gagasan yang kami hasilkan. Untuk informasi lebih lanjut tentang proyek energi terkini kami, silakan kunjungi nrglab.asia.

Karena perubahan itu baik! Perubahan untuk menjadi orang yang lebih baik, perusahaan yang lebih baik, untuk planet yang lebih baik. Itu adalah perubahan yang dapat kita percaya.


Diterjemahkan dari Bahasa Inggris, artikel asli di publikasikan tanggal di 20.07.2013: http://nrglabjohnwish.wordpress.com/2013/07/20/323/

[ perangkat elektronikm, carger baterai, Nokia, Susan Smith, Komisi Energi Kalifornia, konsumsi energi, LG, Samsung, Motorola, NRGLab ]

No comments:

Post a Comment