Ide-ide bagus bermunculan sepanjang waktu dari pikiran kita. Beragam cara menghemat
uang dengan menggunakan kupon yang dikeluarkan toko-toko kelontong. Sebuah
judul keren untuk sebuah film. Bahkan mungkin sebuah penemuan bagus yang
menghemat waktu. Akan tetapi, bagaimanakah dengan ide-ide besar? Ide-ide yang
menggoncang dunia? Seberapa sering ide-ide tersebut muncul? Dan ketika kita
memiliki ide-ide tersebut, bagaimana cara kita bisa membuatnya tersebar?
Banyak orang beranggapan bahwa untuk membuat sebuah
ide bagus menjadi populer adalah masalah uang.
Jumlah uang yang Anda belanjakan untuk membuat pariwara, pemasaran,
mempekerjakan seorang manajer, praproduksi dan desain.
Bukan itu.
Sebagian orang lainnya menganggap ini adalah masalah
hukuman versus penghargaan. Jika Anda ingin sebuah ide besar untuk tetap
diingat, Anda harus memberi penghargaan kepada orang-orang karena menyesuaikan
diri, atau menghukum mereka karena menolak. Akhirnya, Anda akan menerapkan
ide/aturan kondisi tersebut - tetapi akankah menjadi berharga? Lebih jauh lagi,
akankah ide tersebut bertahan seiring dengan berjalannya waktu?
Jawabannya: jelas tidak.
Cara terbaik untuk menyebarkan ide-ide besar dan
membuat perbedaan adalah dengan membuat orang-orang saling membicarakan ide-ide tersebut. Ya,
seperti sebuah pernikahan yang bertahan lama, kuncinya adalah komunikasi. Semua
itu adalah tentang membangun
hubungan dengan individu lain. Menikmati ikatan antar manusia. Dan melalui ikatan itu, ide-ide besar
dipertukarkan!
Pikirkan tentang revolusi Facebook yang telah menyapu
budaya kita selama hampir satu dekade hingga sekarang. Facebook adalah sebuah
ide yang bagus - platform sosial tempat orang dapat saling terhubung, berbagi
foto, berbagi kabar, dll. Namun, apa
yang membuatnya begitu populer? Apakah kampanye pariwara yang mahal? Apakah berhadiah uang?
Tidak sama sekali.
Semuanya hanyalah orang yang berbicara kepada orang lain. Setiap orang yang menemukan Facebook
melanjutkan untuk memberitahu
temannya, orang tersebut memberitahu seorang teman lainnya , memberitahu
seorang gadis di sebuah bar, memberitahu adiknya di rumah, dan seterusnya dan
sebagainya.
Ide-ide besar yang disebarkan oleh orang-orang yang
saling mendengarkan satu sama lain. Berdebat. Mencurahkah pendapat. Tapi yang paling penting, ide-ide tersebut disebarkan oleh orang-orang
dengan berbicara.
Jadi bicaralah! Jangan takut untuk menyuarakan
suara Anda! Kami tidak takut! Di NRGLab, kami terus bekerja sama dengan para
ilmuwan terkemuka, pecinta lingkungan, dan para pemikir maju lainnya untuk
menyebarkan pesan kami di luar sana.
Pesan kami sederhana: menciptakan masa depan yang
lebih hijau. Hari esok yang lebih baik.
Sekarang, sebelum terlambat.
Untuk informasi lebih lanjut tentang NRGLab dan
laporan mengenai proyek energi alternatif kami, kunjungi nrglab.asia, dan bantu
kami menyebarkan gagasan besar berikutnya.
Diterjemahkan
dari Bahasa Inggris, artikel asli di publikasikan tanggal di 31.07: http://nrglabjohnwish.blogspot.ru/2013/07/how-can-we-spread-great-ideas-speak-up.html
[ menghemat uang, menggunakan kupon, membuat pariwara, pemasaran, mempekerjakan seorang manajer, menyebarkan ide-ide besar, revolusi Facebook ]
No comments:
Post a Comment